Soft2Secure

Cara menghilangkan virus Shortcut dari USB flashdisk

Cara menghilangkan virus Shortcut dari USB flashdisk

Sebuah wacana yang agak usang mengenai polimorfisme malware mungkin tampak seperti tingkat sekolah dasar dalam memandang status dari sebuah keamanan siber, tapi ini tidak bertentangan dengan kenyataan sebenarnya dalam cara apapun. Dinamai sebagai virus Shortcut, dikenal juga sebagai virus USB flash drive, sepenuhnya menunjukkan bahwa infeksi PC semuanya berasal dari adware, trojan perbankan atau ransomware.

Bagaimana dengan kebingungan di mana folder dan file pada USB pen drive tiba-tiba berubah menjadi shortcut dengan nama yang sama? Atau bahkan lebih buruk, bagaimana jika representasi dari komponen data yang tersimpan di beberapa direktori dari hard drive mengalami tweaking serupa? Ini terdengar seperti cukup sebuah kekeliruan semata. Masalah yang sebenarnya dihadapai adalah: Virus Shortcut, yang telah menjadi virus yang menyebar cukup luas untuk lebih dari satu tahun sampai saat ini, mempengaruhi mode tampilan file sehingga informasi korban menjadi tidak dapat diakses. Setiap folder yang terkena malware ini berubah menjadi sebesar 1 KB dan tidak akan terbuka ketika di klik ganda. Fitur “buka dengan …” yang tersedia dalam menu konteks juga tidak akan bisa berguna, karena tidak ada software alternatif dapat membaca isi dalam bentuk yang dapat dibaca manusia.

Virus Shortcut

Mencari motivasi dalam pola aktivitas ancaman acak digital adalah tindakan yang membantu mengungkapkan dan memahami rencana pencipta virus tersebut. Pendekatan ini, ketika diterapkan pada virus Shortcut, ternyata kurang efisien karena tujuan yang ingin dicapai tidak jelas. Membuat folder dan file pada memory stick USB, kartu SD atau volume HDD berubah menjadi shortcut adalah taktik yang aneh kecuali hacker memang menuntut sesuatu untuk mengembalikan keadaan kembali normal, misalnya tebusan. Hal ini tidak terjadi di sini, karena pengguna tidak menerima peringatan atau peringatan di layar untuk membayar sejumlah uang.

Ini tidak sampai pengamatan tingkat kode mendalam terhadap virus ini dilakukan sehingga tujuan nya menjadi jelas. Virus Shortcut dapat mencapai server terpisah (remote) yang dikelola oleh para penjahat. Sebuah konsekuensi yang mungkin terjadi adalah pencurian identitas, dimana data pribadi dapat ditambang dan dikirim ke pihak lain yang berkepentingan. Ini sangat mungkin dilakukan, oleh karena itu, manipulasi jahat dengan menggunakan shortcut mungkin hanyalah sebuah samara yang mengalihkan perhatian orang yang terinfeksi dari hal yang lebih berbahaya yang akan terjadi.

Ancaman ini cenderung untuk mereplikasi dirinya sendiri dari waktu ke waktu. Kode Visual Basic yang dikaburkan menambahkan entri yang berpotensi membahayakan sistem Registry, dan eksekusi permanen ditandai dengan perubahan tidak sah pada pengaturan startup Windows. Mengingat beberapa tempat di OS akan terpengaruh oleh kode berbahaya ini, pemecahan masalah yang efektif adalah dengan melakukannya di luar jalur penghapusan standar.

Penghapusan otomatis virus Shortcut

Pemusnahan virus Shortcut dapat dilakukan dengan efisien menggunakan software keamanan yang handal. Menggunakan teknik pembersihan otomatis memastikan bahwa semua komponen dari infeksi bisa benar-benar dihapuskan dari sistem Anda.

1. Unduh utilitas keamanan yang direkomendasikan dan buat PC Anda diperiksa untuk obyek berbahaya dengan memilih opsi Start Computer Scan.

Unduh penghilang virus Shortcut

2. Pemindai akan memunculkan daftar item yang terdeteksi. Klik Fix Threats untuk membuat adware dihapus dari sistem Anda. Menyelesaikan fase ini dalam proses pembersihan akan membuat pemberantasan infeksi virus sepenuhny. Namun, pilihan yang terbaik adalah memastikan malware yang ada, dihapus untuk selamanya.

Jalankan perintah untuk memperbaiki tampilan data

  • Ke Mulai dan ketik cmd di bagian Cari. Tekan Masuk untuk membuka command prompt
  • Ketik perintah berikut di command line. Atribut f adalah variable yang menunjukkan nama drive yang terkena dampak dalam hirarki sistem
  • Tekan Masuk agar perintah tersebut berjalan.

Verifikasi apakah virus Shortcut telah sepenuhnya dihapus

For certainty’s sake, it’s advised to repeatedly run a scan with the automatic security software in order to make sure no harmful remnants of this adware are left inside Windows Registry and other operating system locations Untuk lebih pasti, disarankan untuk berulang kali menjalankan pemindai dengan perangkat lunak keamanan otomatis untuk memastikan tidak ada sisa-sisa dari adware berbahaya ini dalam Windows Registry dan lokasi sistem operasi lainnya.

Unduh pemindai dan penghilang virus Shortcut