Soft2Secure

Cara menghapus ransomware Osiris: file virus .osiris decryptor

Cara menghapus ransomware Osiris: file virus .osiris decryptor

Keluarga ransomware Locky terus mengeluarkan program pemerasan baru yang bermutasi. Pengembangnya jelas sedang bereksperimen dengan pengiriman payload dan praktek pelumpuhan data. Kali ini, pelaku telah menciptakan spin-off lain dari prototipe jahat mereka yang menambahkan ekstensi .osiris ke file terenkripsi dan memberikan catatan tebusan OSIRIS- [victim_ID] htm.

Apa itu ransomware Osiris?

Dalam konteks keamanan dunia maya, kata “Osiris” telah menunjukkan alias dari ransomware Locky jahat daripada menunjukkan sesuatu yang ada hubungannya dengan mitologi Mesir kuno. Sampel berbahaya terbaru dari banyak varian keluarga ini menawarkan sebuah teknik kontaminasi yang rumit, pola penggantian nama file yang berbeda, dan format baru dari pemulihan manual. Edisi ini merangkai ekstensi .osiris untuk setiap file yang tunduk pada enkripsi kelas militer melalui campuran standar RSA dan AES yang tidak bisa dipecahkan. Trojan tebusan yang telah ditingkatkan ini juga mempengaruhi nama file dengan cara yang baru, yaitu menggantikan mereka dengan entri seperti B5F7GEC2-A9BF-816E-373B5CBG-41019FD253D9.osiris. Algoritma ini [8_karakter_heksadesimal] – [4_ karakter_heksadesimal] – [4_ karakter_heksadesimal] – [8_ karakter_heksadesimal] – [12_ karakter_heksadesimal] .osiris.

Ransomware Osiris

Perubahan lain yang pasti disadari oleh korban adalah bahwa ransomware ini menciptakan file bantuan dalam format tunggal (HTM), sementara pendahulunya biasanya menjatuhkan beberapa varian catatan tebusan yang berbeda. Langkah-langkah pemulihan sekarang dijelaskan di dokumen OSIRIS- [victim_ID].htm. Pengenal unik dalam namanya biasanya terdiri dari 4 karakter. Selain itu, juga akan berbeda untuk salinan file yang ada di desktop dan yang tertanam di folder individu dengan file pribadi miring.

Jalan dekripsi HTM berisi hyperlink ke hub pemulihan pribadi korban berjudul Halaman Locky Decryptor. Link .onion hanya dapat dimuat dengan Tor Browser, yang menimbulkan lapisan anonimitas untuk distributor ransomware. Oleh karena itu, penting untuk mengunduh dan menginstal browser ini untuk melanjutkan. Saat pada halaman, pengguna yang terinfeksi mendapat informasi berikut: besarnya tebusan, alamat dompet Bitcoin untuk mengirim uang digital, serta beberapa sumber daya untuk membeli Bitcoin. Layanan dekripsi yang dipatok oleh penyerang biasanya akan dikenakan biaya 0,5 BTC, atau 370 USD. Namun, membuat penawaran dengan pelaku ransomware adalah hal yang beresiko, dan oleh karena itu akan jauh lebih baik untuk mencoba beberapa praktek forensik terbaik dari pemulihan data.

Sama seperti pendahulunya, edisi Osiris dari Locky masuk ke dalam komputer seseorang melalui spam. Satu-satunya hal baru dalam gelombang spam saat ini adalah lampiran email jebakan adalah file dokumen XLS. File ini akan memunculkan popup yang merekomendasikan penerima untuk mengaktifkan macro. Jika pengguna ternyata cukup mudah tertipu untuk memilih ini, infeksi akan mengeksploitasi kerentanan macro dan meluncurkan ransomware tersebut. Jadi, pastikan untuk memeriksa lampiran email yang menarik dengan tingkat ketidakpercayaan yang wajar.

Penghapusan otomatis virus berekstensi Osiris

Pemusnahan ransomware ini bisa dilakukan secara efisien dengan perangkat lunak keamanan yang handal. Berpegang pada teknik pembersihan otomatis memastikan semua komponen yang terinfeksi seluruhnya disingkirkan dari sistem Anda.

1. Unduh utilitas keamanan yang direkomendasikan dan periksa PC Anda dari obyek mencurigakan dengan memilih pilihan Start Computer Scan.

Unduh penghilang file virus .osiris

2. Pemindaian akan menghasilkan daftar item yang terdeteksi. Klik Fix Threats untuk menghapus adware dari sistem Anda. Menyelesaikan fase dari proses pembersihan ini seharusnya benar-benar telah memusnahkan infeksi. Sekarang Anda menghadapi tantangan yang lebih besar – mencoba untuk mendapatkan data Anda kembali.

Metode untuk memulihkan file yang terenkripsi .osiris

Solusi 1: Gunakan perangkat lunak pemulih file

Sangat penting untuk mengetahui bahwa virus Osiris menciptakan salinan file Anda dan mengenkripsinya. Sementara itu, file asli dihapus. Ada aplikasi di luar sana yang dapat mengembalikan data yang dihapus. Anda dapat menggunakan alat seperti Data Recovery Pro untuk hal ini. Versi terbaru dari ransomware yang patut dipertimbangkan cenderung untuk menerapkan penghapusan yang aman dengan beberapa timpaan, tetapi dalam kondisi apapun metode ini patut dicoba.

Unduh Data Recovery Pro

Data Recovery Pro

Solusi 2: Gunakan backup

Yang pertama dan terpenting, ini adalah cara yang bagus untuk memulihkan file Anda. Tapi ini hanya berlaku jika Anda telah membuat cadangan informasi yang tersimpan di komputer Anda. Jika demikian, jangan sia-siakan keuntungan dari pemikiran hati-hati Anda.

Solusi 3: Gunakan Salinan Volume Bayangan

Jika Anda belum tahu, sistem operasi menciptakan apa yang disebut Salinan Volume Bayangan untuk setiap file selama Sistem Pemulihan diaktifkan pada komputer. Karena poin pemulihan dibuat pada selang waktu tertentu, snapshot dari file seperti yang muncul pada saat itu juga akan dibuat. Harap disadari bahwa metode ini tidak menjamin pemulihan versi terbaru dari file Anda. Cara ini tentu patut dicoba. Alur kerja ini dapat dilakukan dengan dua cara: manual dan melalui penggunaan solusi otomatis. Pertama mari kita lihat proses manualnya.

  • Pakai fitur Versi Sebelumnya

    OS Windows menyediakan pilihan bawaan untuk memulihkan versi file sebelumnya. Hal ini juga dapat diterapkan untuk folder. Cukup klik kanan file atau folder, pilih Properties dan tekan tab Previous Versions. Dalam area versi, Anda akan melihat daftar salinan file/folder, dengan waktu dan indikasi tanggal masing-masing. Pilih entri terbaru dan klik Copy jika Anda ingin mengembalikan objek ke lokasi baru yang bisa Anda tentukan. Jika Anda klik tombol Restore, item tersebut akan dikembalikan ke lokasi semula.
    Previous versions

  • Gunakan alat Shadow Explorer

    Alur kerja ini memungkinkan untuk memulihkan versi file dan folder sebelumnya secara otomatis, tidak manual dan satu-persatu. Untuk melakukan hal ini, unduh dan instal aplikasi ShadowExplorer. Setelah Anda menjalankannya, pilih nama drive dan tanggal saat versi file diciptakan. Klik kanan folder atau file yang diinginkan dan pilih opsi Export. Lalu tentukan lokasi pemulihan data.
    ShadowExplorer

Verifikasi apakah ransomware Osiris / Locky telah benar-benar terhapus

Sekali lagi, penghapusan malware saja tidak akan mendekripsi file pribadi Anda. Metode pemulihan data yang dijelaskan di atas mungkin berhasil atau mungkin saja tidak, tapi ransomware sendiri tidak seharusnya berada dalam komputer Anda, Seringkali ia datang dengan malware lain, yang oleh karena itu masuk akal untuk memindai sistem berulang kali dengan perangkat lunak keamanan otomatis untuk memastikan tidak ada sisa-sisa berbahaya dari virus ini dan ancaman terkait yang tersisa dalam Windows Registry dan lokasi lainnya.

Unduh pemindai dan peenghapus ransomware Osiris