Soft2Secure

Cerber ransomware decryptor: cara mengembalikan file yang terkena virus Cerber

Cerber ransomware decryptor: cara mengembalikan file yang terkena virus Cerber

Setiap serangan ransomware disertai dengan sejumlah indikator kompromi yang berbeda, yang unik untuk ancaman enkripsi file yang berbeda. Yang pertama dan yang terutama, ini menyertakan aliran kerja pertukaran kunci kripto, ekstensi ditambahkan ke file para korban, dan hal-hal seperti catatan uang tebusan yang menginstruksikan pengguna yang terinfeksi pada pengembalian data. Jika IOC yang terakhir mencakup serangkaian dokumen bernama “Decrypt My Files” dalam format TXT, HTML dan VBS formats, maka tebusan Cerber Trojan adalah pelakunya.

Kemandekan dalam kemajuan ransomware adalah lebih ke arah utopia daripada sesuatu yang dapat terjadi kapanpun di masa yang akan datang, mengingat keuntungan dari ancaman-ancaman ini karena para aktor cyber jahat yang menyebarkannya. Kami telah menyaksikan virus-virus kripto dengan cepat bergerak menuju sebuah model afiliasi akhir-akhir ini, yang merupakan sebuah gerakan dimana banyak ahli menganggap tidak realistis hanya beberapa bulan sebelumnya. Dan kini, hal terbaru adalah ransomware yang dapat berbicara. Fitur ini dibangun ke dalam kode Cerber, pendatang baru di domain ekstorsi digital. Trojan mengenkripsi file para korbannya lebih dari penyembuhan biasa dan menawarkan mereka untuk mendapatkan data dengan mengirimkan 1.24 Bitcoin ke dompet aman para criminal. Sesedih kedengarannya, membayar lebih dari $500 sebagai uang tebusannya adalah sayangnya satu-satunya cara yang dapat dilakukan untuk mengakses kembali file pribadi yang terinfeksi.

Cerber File

Cara Cerber dipromosikan bergantung pada siapa yang terlibat dalam menyebarkannya. Begini halnya – ini adalah salah satu Ransomware sebagai Layanan, atau kampanye RaaS. Ini artinya bahwa orang-orang asing dengan maksud jahat bisa mendapatkan kode malware ini di sumber daya darknet tertentu dan membagikan uang tebusan yang diterimanya dengan developer. Cara yang paling terkenal untuk melayani para pemanga ini adalah melalui email phishing dengan arsip pengekstrak-sendiri sebagai lampirannya. Saat satu terbuka, penginfeksian dilakukan dalam hitungan detik. Ia mencari semua file di HDD dan jaringan internal yang memenuhi kisaran format yang didefinisikan sebelumnya. Semua kecocokan ini kemudian dienkripsi dengan cipher AES yang kuat.

# Decrypt My Files #.html

File yang dikodekan mudah untuk ditemukan: mereka semua mendapatkan ekstensi cerber, dan nama-nama filenya dimodifikasi dari semua rekognisi. Melihat foler arbitrary dengan ini, pengguna harus juga menyadari petunjuk tebusan. Terdapat tiga di setiap direktori: # Decrypt My Files #.txt, # Decrypt My Files #.html, and # Decrypt My Files #.vbs. VBS memproduksi sebuah pesan audio dengan instruksi saat dibuka, yang terdengar seperti intelejen buatan dalam aksi tetapi sebenarnya beberapa kalimat kode.

Tautan gateway Tor diindikasikan dalam poin bimbingan pemulihan ke sebuah situs bernama “Dekriptor Cerber”. Para korban dapat memilih bahasa pilihan mereka dan kemudian berlanjut dengan bagian finansial penipuannya. Halaman itu juga menampilkan jam berdetik yang menghitung mundur 7 hari sebelum tebusannya meningkat. Lagi-lagi, profesional keamanan belum mendapatkan mekanisme pengembalian file yang efisien sejauh ini. Beberapa teknik dapat dicoba untuk memulihkan beberapa data yang dibekukan.

Penghapusan otomatis virus Decrypt My Files (Cerber)

Eksterminasi ransomware ini dapat dicapai dengan efisien dengan perangkat lunak keamanan yang dapat diandalkan. Berpegang pada teknik pembersihan otomatis menjamin bahwa semua komponen infeksi dapat dibersihkan secara menyeluruh dari sistem Anda.

1. Unduh perlengkapan keamanan yang disarankan dan biarkan PC Anda diperiksa untuk obyek berbahaya dengen memilih pilihan Start Computer Scan.

Unduh penghilang ransomware Decrypt My Files

2. Pemindaian akan berlanjut dengan sedaftar item yang terdeteksi. Klik Fix Threats untuk mendapatkan virusnya dan infeksi yang berkaitan dari sistem Anda. Menyelesaikan fase proses pembersihan ini kemungkinan besar akan berujung pada pembersihan lengkap dari virus. Sekarang Anda menghadapi tantangan yang lebih besar – mencoba dan mendapatkan data Anda kembali.

Metode untuk mengembalikan file yang terenkripsi oleh ransomware Cerber

Solusi 1: Gunakan perangkat lunak pemulihan file

Penting halnya untuk mengetahui bahwa virus Decrypt My Files membuat salinan file Anda dan mengenkripsinya. Sementara itu, file aslinya dihapus. Terdapat aplikasi diluar sana yang dapat mengembalikan data yang terhapus. Anda dapat menggunakan alat-alat seperti Data Recovery Pro untuk tujuan ini. Versi terbaru ransomware dibawah pertimbangan cenderung mengaplikasikan penghapusan aman dengan beberapa timpaan, tetapi dalam kasus apapun metode ini patut dicoba.

Unduh Data Recovery Pro

Data Recovery Pro

Solusi 2: Gunakan backup

Yang pertama dan terutama, ini adalah cara yang bagus untuk memulihkan file Anda. Ini hanya dapat diaplikasikan jika Anda telah mem-backup informasi yang tersimpan di mesin Anda. Jika demikian, jangan ragu-ragu untuk memanfaatkannya.

Solusi 3: Gunakan Salinan Volume Bayangan

Jika Anda belum tahu, sistem operasi menciptakan yang disebut Salinan Volume Bayangan dari setiap file selama Pemulihan Sistem diaktifkan di komputer. Selama poin pemulihan diciptakan di interval spesifik, snapshot file pada saat muncul di momen tersebut juga dibuat. Mohon ingat bahwa metode ini tidak menjamin pemulihan versi terbaru file Anda. Tetapi hal ini patut dicoba. Aliran kerja ini dapat dilakukan dalam dua cara: secara manual dan melalui penggunaan solusi otomatis. Mari melihat proses manualnya.

  • Pakai fitur Versi Sebelumnya

    OS Windows menyediakan pilihan bawaan untuk memulihkan versi file sebelumnya. Hal ini juga dapat diterapkan untuk folder. Cukup klik kanan file atau folder, pilih Properties dan tekan tab Previous Versions. Dalam area versi, Anda akan melihat daftar salinan file/folder, dengan waktu dan indikasi tanggal masing-masing. Pilih entri terbaru dan klik Copy jika Anda ingin mengembalikan objek ke lokasi baru yang bisa Anda tentukan. Jika Anda klik tombol Restore, item tersebut akan dikembalikan ke lokasi semula.
    Previous versions

  • Gunakan alat Shadow Explorer

    Alur kerja ini memungkinkan untuk memulihkan versi file dan folder sebelumnya secara otomatis, tidak manual dan satu-persatu. Untuk melakukan hal ini, unduh dan instal aplikasi ShadowExplorer. Setelah Anda menjalankannya, pilih nama drive dan tanggal saat versi file diciptakan. Klik kanan folder atau file yang diinginkan dan pilih opsi Export. Lalu tentukan lokasi pemulihan data.
    ShadowExplorer

Verifikasi apakah virus Decrypt My Files telah benar-benar terhapus

Sekali lagi, penghapusan ransomware Cerber sendiri tidak berujung pada dekripsi file pribadi Anda. Metode pemulihan data yang disorot diatas dapat atau tidak dapat melakukan triknya, tetapi ransomware sendiri tidak berada di dalam komputer Anda. Secara kebetulan, ini terkadang datang dengan malware lainnya, yang mengapa masuk akal halnya untuk secara berulang memindai sistem dengan perangkat lunak keamanan otomatis untuk memastikan tidak ada sisa virus dan ancaman yang berkaitan yang tertinggal di dalam Windows Registry dan lokasi lainnya.

Unduh pemindai dan Penghapus virus Cerber